Thursday 24 January 2013

Utada Hikaru: 桜 流し (Sakura Nagashi) Single Review + Music


Utada Hikaru: 桜 流し - "Sakura Nagashi"
The Diva Is Back! Did She Really Back or Just to Tell the Other Diva that This Is the Right Way to Be Diva!


Release Date:12/26/12; Genre: J-pop; Label: EMI Music Japan

作詞 / Lyrics︰Utada Hikaru
作曲 / Composer︰Utada Hikaru|Paul Carter

Japanese / Kanji Lyrics 歌詞

開いたばかりの花が散るのを
「今年も早いね」と
残念そうに見ていたあなたは
とてもきれいだった

もし今の私を見れたなら
どう思うでしょう
あなたなしで生きてる私を

Everybody finds love
Everybody finds love
In the end
In the end

あなたが守った街のどこかで今日も響く
健やかな産声を聞けたなら
きっと喜ぶでしょう
私たちの続きの足音

Everybody finds love
In the end

もう二度と会えないなんて信じられない
まだ何も伝えていない
まだ何も伝えていない

開いたばかりの花が散るのを
見ていた木立の遣る瀬無きかな

どんなに怖くたって目を逸らさないよ
全ての終わりに愛があるなら


Ayumi telah merobek gaunnya untuk tetap eksis, Koda Kumi justru membanting bayinya untuk membuat sebuah kontroversi di videonya dan Yui masih belum dewasa karena hanya membuat lagu "remaja" terus menerus. Mereka harus waspada karena sang Diva telah kembali. Benarkah dia kembali? Sampai saat ini hanya Namie Amuro yang masih bisa mempertahankan statusnya sebagai diva di jajaran musik J-Pop.


Meskipun itu hanya dua tahun lebih sejak Utada Hikaru mengumumkan hiatus dari musik, dia yang tidak ada dari industri musik telah membuat pedih para fans-nya. Untungnya, entah dari mana, dia kembali kepada kita-meski hanya untuk sesaat. Dia telah membuat para Diva J-Pop ketar ketir dengan kehadiran suaranya yang agung nan merdu dalam sumbangan musikalitasnya di Film seri anime Evangelion, Evangelion: 3.0 You Can (Not) Re-Do. (Di masa lalu, itu Utada berkontribusi memberikan "Beautiful World" untuk tahun 2007 Evangelion: 1.0 You Are (Not) Alone dan "Beautiful World (PLANiTb Mix Acoustic)" untuk tahun 2009 Evangelion: 2.0 You Can (Not) Advance .)

Menariknya dalam video klip, tidak ada penampakan Utada sama sekali, seakan Utada enggan menampilkan dirinya dan bertingkah norak layaknya diva yang lain. Dalam video clip  yang terlihat adalah gambar pohon, sinar matahari, pohon lagi dalam hutan yang indah , padang bunga, aliran sungai dan bayi yang sedang menyusui di payudara ibnunya. Wow.. it's an art! Sang sutradara seperti secara gamblang memperlihatkan keindahan alam yang bersatu padu dengan keindahan manusia! 


Lagunya sendiri sangat indah, menggetarkan hati, menampilkan performa sempurna dari suara merdu sang Diva. Pengaturan string aransemen yang indah dan membangun dari tone yang lambat layaknya lagu tidur berkembang memuncak menggelegar di ending lagu, membangkitkan perasaan bahwa lagu ini hidup dan bernapas kehidupan sendiri. 

Awal lagu iringan lembut piano dengan suara datar lalu merendah alto melenakan telinga. Seperti seakan kau enggan untuk bangun pagi, tetapi melihat indahnya sinar matahari yang terbit dan sejuknya udara dari kerindangan pohon membuatmu bangkit dan semangat. Suara Utada yang sembunyi-sembunyi 

Aita bakari no hana ga chiru no o 
`Kotoshi mo hayai ne' to 
Zan'nen-sō ni mite ita anata wa 
Totemo kireidatta 

Moshi ima no watashi o miretanara 
Dō omoudeshou 
Anata nashi de iki teru watashi o 

Dengan selipan iringan organ dan string aransemen, di bagian ini Utada menunjukkan suara sopran yang lembut. Terdengar nada gitar listrik yang menggugah hati.

Everybody finds love 
Everybody finds love 
In the end
In the end 

Setelah keadaan cukup memuncak, saat telinga ingin sesuatu yang lebih dan merdu, kita seakan dihempaskan dengan nada kembali merendah dan berhenti seperti ada pause sepersekian detik yang membuat penasaran. Kemudian dimulai lagi untuk membangun semangat. Mencari cinta yang baru.

Anata ga mamotta machi no doko ka de kyō mo hibiku 
Sukoyakana ubugoe o kiketanara 
Kitto yorokobudeshou 
Watashitachi no tsudzuki no ashioto 

Everybody finds love 
In the end

Lagi-lagi nada melembut, menunggu untuk sesuatu yang lebih indah, seakan percaya bahwa surga sudah di depan mata. Dentuman drum menambah megahnya lagu. 

Mounidoto aenai nante shinjirarenai 
Mada nani mo tsutaete inai 
Mada nani mo tsutaete inai 

Hira ita bakari no hana ga chiru no o 
Mite ita kodachi no yarusenaki ka na 

Don'nani kowaku tatte me o sorasanai yo 
Subete no owari ni ai ga arunara

Ending lagu merupakan klimaks yang membuat lagu ini makin menggetarkan suasana. Setelah tiga menit diombang-ambing perasaan, akhirnya iringan string mencuat dan menggugah, dentuman drum dan petikan gitar secara dinamis bangkit dengan suara falseto sopran yang meninggi. Membawamu berlari menuju surga padang bunga indah yang dikelilingi pepohonan yang rindang. Berlari bahagia menikmati semilir angin dan harumnya aroma bunga dan lagi-lagi diakhiri dengan hempasan yang hampa. Epic!
Lagu ini seperti sebuah lagu ampuh yang dapat membawa luka lama ke permukaan. Lagu ini adalah mawar yang indah dengan duri berbisa yang akan membuat Anda merasa jauh, jauh lebih dari menyebalkan. Lagu yang indah menggetarkan, menggabungkan iringan musik yang indah dan lirik yang frustasi-sedih dan rindu akan kebahagiaan yang telah menemukan cinta.  

English Translation Lyrics

Watching flowers just blossomed fall
"Too early, this year" you said,
In disappointment, regret
And you were beautiful

If you could see me now
I wonder what you would think
Me, living without you

Everybody finds love 
Everybody finds love 
In the end
In the end 

If you could hear the newborn's cry,
Sound and healthy
Ringing in the town you protected
I know you would be so pleased
The footsteps that continue after us

Everybody finds love
In the end

I can't believe that I'll never see you again
I haven't told you anything yet
I haven't told you anything yet

Watching flowers just blossomed fall
The trees stood by, helpless

However great the fear, I will not look away
If at the end of everything, there is love

Setidaknya, para fans dibuat bahagia dengan sekelumit kemunculan Hikki yang mengingatkan kita seperti inilah seharusnya seorang Diva.  
Rate 5/5

CATATAN: Tampaknya bahwa EMI Jepang hanya akan merilis single DVD untuk lagu ini, yang kemungkinan akan disisipkan video musiknya, dan mungkin menampilkan cuplikan dari film.

Click this link to hear the song...
桜流し

1 comment:

  1. Hahahaha..... Kangen gwa ama Hikki. Udah lama kagak update, baru denger lagunya udah..... haduh susah ngungkapinnya.

    ReplyDelete